MANUSIA PURBA HOMO

Secarafisik dan kualitatif manusia purba jenis Homo ini sudah lebih maju dansempurnya jika dibandingkan dengan jenis manusia purba Meganthropus maupunPithecanthropus. Secara fisik, cirri-ciri manusia homo sudah mirip denganmanusia modern sekarang, seperti bentuk kepalanya yang sudah tidak lonjong.Secara kualitatif, tingkat kecerdasannya sudah lebih tinggi karena sudah mampumenggunakan alat-alat dari batu dan tulan. Di samping itu dalam berburu merekatelah menggunakan alat-alat perburuan. Mereka juga telah mengenal api karenabinatang hasil buruannya dikuliti dahulu sebelum dibakar. Demikian pula jenisumbi-umbian yang menjadi makanan mereka juga telah dimasak terlebih dahulusebelum dimakan. Meskipun demikian, manusia purba jenis Homo ini masih hidupsecara berpindah-pindah (nomaden) mereka hidup berpindah bergantung padapersediaan makanan yang ditemukan di alam sekitanya (food gathering). Manusiapurba jenis Homo dalam mancari makanan dengan berburu menggukan alat-alat daribatu dan tulang serta tanduk binatang. Contoh alat-alat perkakas yang merekagunakan dari batu berupa berbagai jenis kapak, alat-alat serpih (flakes).Mereka juga menggunakan alat-alat yang terbuat dari tulang seperti alat penusuk(belati), ujung tombak, dan alat pengorek ubi serta keladi. Di samping itu adaalat-alat berburu berupa mata tombak yang terbuat dari tulang  ikan pari. Adapun alat-alat yang terbuat daritanduk berupa tanduk menjangan atau rusa yang diruncingkan. Alat-alat perkakaspeninggalan makhluk homo tersebut ditemukan di daerah-daerah sekitar Ngandongdan Sidorejo (Ngawi), yaitu berupa berbagai jenis kapak batu, alat pelempardari batu, alat perimbas dari tulang atau tanduk.
A.    CIRI-CIRI UMUM
Ciri umum manusia purba jenis Homo antara lain, memiliki tinggi badan130 cm-210cm,muka tidak menonjol ke depan, otot tengkuk menyusut, dan volumeotaknya antara 1000 cc – 1200 cc. manusia purba ini sudah berdiri tegak dancara berjalannya lebih sempurna. Mereka hidup sekitar empat puluh ribu hingga25ribu tahun yang lalu.pola hidunya pun lebih maju daripada manusia purbasebelumnya
B.    JENIS-JENIS MANUSIA HOMO

1.  Homosoloensis

 
pada tahun 1931-1934, ahli purbakala yang bernama G.H.R. VonKoeningswald dan wedewnrich menemukan fosil-fosil manusia purba di LembahSungai Bengawan Solo di dekat Desa Ngadong. Jenis manusia purba dari LembahBengawan Solo tersebut dinamakan homo soloensis atau manusia purba dari Solo.Dari hasil penelitian tersebut diketahui bahwa ternyata manusia purba jenishomo soloensis lebih tinggi tingkatannya daripada Pithecanthropus Erectus.
Berdasarkan penelitian fosil-fosil yang ditemukan, Homo Soloensis mempunyai cirri-cirisebagai berikut
a. Otak kecilnya lebih besar daripada otak kecil Pithecanthropus Erectus.
b. Tengkoraknya lebih besar daripadaPithecanthropus Erectus.
c. Tonjolan kening agak terputus ditengah (di atas hidung).
d. Berbadan tegap dengan ketinggiankurang lebih 180 cm
.
2.  Homowajakensis
Manusiapurba jenis ini mempunyai tingkatan lebih tinggi dari pada PithecanthropusErectus dan tergolong jenis homo sapiens. Homo wajakensis termasuk ras yangsulit ditemukan karena memiliki ciri-ciri ras Mongoloid dan jugaAustromelanesoid atau mungkin berasal dari subras Melayu Indonesia dan turutberevolusi menjadi ras Austromelanesoid sekarang. Ras wajak mungkin jugameliputi manusia yang hidup sekitar 25.000 – 40.000 tahun yang lalu di AsiaTenggara.
Fosilhomo wajakensis ditemukan oleh Van Riestchoten pada tahun 1889 di Desa WajakTulungagung fosil ini kemudian diteliti oleh Eugene Dubois, temuan fosil inimerupakan temuan fosil manusia purba pertama yang dilaporkan berasal dariIndonesia.
Fosilhomo wajakensis mempunyai tinggi badan sekitar 130-210 cm dengan berat badanantara 30-150 kg. volume otaknya mencapai 1300 cc. manusia purba jenisini hidupantara 40.000- 25.000 tahun yang lalu pada lapisan pleistosen atas.
3.  HomoSapiens
Homo sapiens disebut manusia purbapaling sempurna karena 2 faktor.
Faktor pertama adalah dari anatomi dancara berjalan; anatomi homo sapiens sudah memiliki punggung tegak rahang rataserta berstruktur tulang kaki panjang dan tegak, hal ini menyerupai anatomimanusia modern saat ini
Faktor kedua adalah cara hidup; homosapiens sudah menemukan cara hidup yang tidak 100% mengandalkan alam(berburu)tetapi juga sudah menerapkan pola bercocok tanam, berternak. disampingitu perangkat rumah tangga yang dibuat, tidak lagi mengandalkan batuan yangkasar, namun telah ditemukan juga beberapa peralatan yang terbuat dari logam,batuan yang dibentuk halus sempurna dan juga homo sapiens telah mengenal lokasipemukiman yang baik, hal ini ditunjukkan sebagian besar penemuan fosil beradadi daerah aliran sungai, dan terkadang ada teori yang menunjukkan bahwa homosapiens juga telah memiliki tatanan sosial struktur masyarakat dimana adapemimpin kelompok
Homosapiens artinya manusia cerdik berasal dari zaman holosen 40.000 tahun yanglalu, telah mengalami pengecilan kepala dan tubuh yang lain, sehingga fisiknyasudah hampir sama dengan manusia zaman sekarang. Homo sapiens terdiri atassubsapiens atau ras. Jenis homo sapiens yang sampai sekarang masih ada adalahras Mongoloid, ras Kaukasoid, dan ras Negroid. Ras Mongoloid memiliki ciriberkulit kuning dan menyebar di Asia Tenggara. Ras Kaukasoid berkulit putihberhidung mancung dan tubuhnya jangkung, hidupnya menyebar di Eropa dan Asiakecil (Timur Tengah). Ras Negroid berkulit hitam, bibir tebal, berambutkeriting, hidup menyebar di Papua, Australia dan Afrika. Selain ketiga rastersebut, terdapat dua ras yang penyebarannya terbatas yaitu rasAustromelanesoid dan ras Kaukasoid. Ras Austromelanesoid terdapat di KepulauanPasifik dan pulau-pulau di antara Asia dan Australia, sedangkan ras Kaukasoidatau mungkin yang dimaksud adalah ras Indian yang terdapat di Benua Amerika dansekarang terdesak oleh orang kulit putih.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s