Penyebab Insomnia dan Tips Mengatasinya

Kesulitan tidur ( INSOMNIA ) merupakan salah satu musuh terbesar kita dalam kehidupan sehari-hari. Ditengah-tengah tuntutan untuk tetap tampil bugar dan sehat dalam pekerjaan kita, insomnia benar-benar sangat menganggu dan membuat etos kerja menurun drastis, anda pun dapat frustrasi menghadapinya. Pada saat anda berfikir apa yang salah pada diri anda, mungkin apa yang anda kerjakan pada siang hari yang membuat anda mengalami insomnia pada malan harinya.

Tidur merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting dalam hidup ini. Tanpa tidur, kita akan jatuh secara fisik dan mental. Kekurangan tidur dapat menyebabkan gangguan mood, emosi, konsentrasi dan menimbulkan malas.

Anehnya, dengan tingginya tuntutan dalam dunia kerja, membuat banyak orang yang berusaha untuk mengurangi waktu tidurnya sebanyak mungkin.

Kebutuhan tidur orang dewasa rata-rata adalah 8 jam perhari, dan seiring bertambahnya usia akan berkurang menjadi 7,5 jam perhari. Kita tahu bahwa ada beberapa makanan tertentu yang dapat menganggu tidur kita. Salah satu yang tentunya sudah sangat kita kenal adalah kopi, yang sangat diandalkan untuk menjadi “doping” untuk tetap terjaga dimalam hari. Kemudian nikotin juga menjadi salah satu penyebab kenapa kita mendapatkan insomnia di malam hari.

Kafein di malam hari adalah “big no-no”, termasuk disini adalah coklat, teh dan soda. Banyak makanan kaleng atau siap saji yang mengandung kafein, namun tidak anda sadari. Periksalah labelnya sebelum menyantapnya.

Nikotin juga menjadi musuh utama dalam usaha mendapatkan tidur yang baik. Nikotin dapat menjadi perangsang untuk tetap terjaga sepanjang malam.

Makanan pedas dan asam juga dapat membuat usaha anda untuk tidur gagal karena mereka dapat membuat perut anda terasa panas dan nyeri, terutama yang memiliki riwayat maag. “Kenapa bisa begitu pada saat menjelang tidur ?” Saat kita merebahkan diri membuat rasa nyeri dan panas akan semakin bertambah hebat, hal ini akan membuat kita sangat sulit untuk tidur.

Selain makanan, tentunya gaya hidup dan kebiasaan sehari-hari memegang peranan penting untuk mendapatkan tidur yang berkualitas pada malam hari. Jadi yang pertama kali harus anda adalah menganalisa pola hidup anda dan lingkungan sekitar anda.

Tips untuk mendapatkan tidur yang nyeyak di malam hari :
– Tidak pergi ke tempat tidur anda sampai anda merasa lelah.
– Aturlah jadwal tetap untuk bangun pagi hari, bahkan saat akhir minggu.
– Tidak tidur saat siang hari.
– Hindari kafein, alkohol dan nikotin (rokok) pada malam hari.
– Tidak menonton televise, makan atau membaca di tempat tidur.
– Biasakan mengatur waktu tidur yang sama setiap malamnya.
– Hindari aktifitas yang berat 3 jam sebelum waktu tidur.
– Segera keluar dari tempat tidur anda bila anda tidak dapat tertidur.

Selain tips-tips diatas, olahraga secara teratur terutama pada saat siang hari dapat membantu usaha tidur anda. Sesekali gunakan waktu makan siang anda untuk beraktifitas, atau usahakan untuk banyak bergerak selama anda di kantor. Olahraga pada siang hari dapat meningkatkan konsentrasi, menjaga berat badan anda, mengatur tekanan darah dan kolesterol anda terjaga baik serta menghilangkan stress.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s