Ujian Akhir Nasional, Melahirkan Kejujuran atau Kecurangan?

Di Indonesia, syarat untuk mendapatkan kelulusan, baik di SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/SMK/MA adalah mengikuti Ujian Akhir Nasional atau sering juga disebut dengan UAN. Ujian Akhir Nasional ini merupakan salah satu faktor yang sangat penting untuk menentukan nasib kelulusan siswa. Namun sejak tahun 2011, Kementerian Pendidikan di Indonesia menetapkan kebijakan baru yaitu penentu kelulusan adalah 60% dari nilai Ujian Akhir Sekolah dan 40% dari Ujian Akhir Nasional. Akan tetapi, walaupun Ujian Nasional hanya 40% penentu kelulusan, tetap saja banyak yang melakukan kecurangan dalam mengerjakan soal-soal UAN yang diberikan. Bahkan, tidak sedikit dalam kecurangan tersebut ada campur tangan orangtua, guru, pengawas, dan oknun-oknum lain yang tidak bertanggung jawab.

Berbagai cara dilakukan oleh para siswa agar bisa lulus UAN. Bagi siswa yang bersungguh-sungguh dan jujur tentu saja menempuh cara-cara yang jujur pula. Seperti belajar dengan giat, mengikuti bimbingan belajar, dan yang terpenting adalah berdoa. Namun, bagi siswa yang tidak sadar akan kejujuran, cara yang mereka tempuh contohnya seperti menyontek pekerjaan teman pada saat mengerjakan UAN, dan bahkan menyiapkan kunci jawaban sejak jauh-jauh hari. Fenomena ini telah terjadi sejak bertahun-tahun yang lalu setiap UAN dilaksanakan. Jenis-jenis kecurangan dalam UAN ada berbagai macam, dan yang paling laku adalah dengan mengandalkan jawaban yang diterima melalui SMS. Padahal, dalam peraturan UAN, siswa tidak diperkenankan untuk membawa handphone ataupun alat komunikasi yang lain. Tapi, tidak sedikit siswa yang melanggar peraturan tersebut. Bahkan, rata-rata pengawas Ujian Akhir Nasional mengetahui tentang pelanggaran peserta UAN. Tetapi, para pengawas tersebut tetap tinggal diam dan membiarkan peserta UAN beraksi dengan handphone mereka masing-masing. Keaslian jawaban SMS itu tentu saja harus diragukan, karena jawaban yang dikirim melalui SMS itu belum tentu benar 100%. Selain itu yang perlu diingat yaitu pengirim jawaban SMS ini belum tentu mengetahui dengan pasti soal-soal yang diberikan dalam UAN. Meskipun, tidak sedikit guru, pengawas, bahkan kepala sekolah yang menjadi pengirim sms jawaban ini. Walau begitu, tetap saja kita harus waspada dengan SMS jawaban seperti ini karena bisa saja jawaban tersebut salah sehingga menyebabkan ketidaklulusan. Campur tangan pihak sekolah dalam terjadi nya kecurangan di dalam UAN, tentu saja bertujuan untuk menjaga nama baik sekolah. Sekolah yang dapat meluluskan 100% siswanya dianggap sebagai sekolah yang berhasil. Meskipun dalam keberhasilan itu terdapat berbagai macam kecurangan. Selain itu, hal ini juga bertujuan agar pada saat pendaftaran siswa baru, banyak yang berminat di sekolah tersebut sehingga menjadikannya sebagai sekolah favorit.

Dalam menghadapi Ujian Akhir Nasional tentu saja dibutuhkan persiapan yang benar-benar matang agar saat ujian nanti, akan terasa mudah. Beberapa bulan sebelum UAN dilaksanakan, banyak sekolah yang mengadakan les persiapan UAN. Tujuan utamanya yaitu untuk membahas materi-materi yang diprediksikan masuk dalam soal UAN. Para siswa dipacu untuk dapat memahami materi-materi tersebut. Biasanya sebelum les ini diadakan, para siswa terlebih dahulu akan mengikuti Ujian Try Out atau ujian simulasi/percobaan UAN. Materi yang dianggap kurang dipahami oleh sebagian besar siswa akan lebih diperdalam saat les nanti. Setelah materi-materi tersebut sudah dianggap dipahami oleh para siswa, maka akan diadakan kembali Ujian Try Out. Bisanya, Ujian Try Out tersebut dilaksanakan sebanyak 3-4 kali agar siswa dapat lebih memahami/menguasai materi yang telah diajarkan. Bukan hanya sekolah-sekolah yang mengadakan les. Sebelum UAN dilaksanakan, banyak tempat bimbingan belajar yang membuka pendaftaran. Tujuan mereka hampir sama dengan tujuan diadakannya les di sekolah. Namun di beberapa tempat bimbingan belajar, kadang-kadang terdapat tenaga pengajar yang masih merupakan mahasiswa/mahasiswi. Tapi, beberapa diantaranya juga terdapat tenaga pengajar yang sudah sangat ahli.
Walaupun telah dilaksanakan selama bertahun-tahun, Ujian Akhir Nasional masih selalu menuai pro dan kontra dari berbagai kalangan masyarakat. Di kalangan masyarakat yang pro terhadap UAN, mempunyai pandangan bahwa UAN bisa menjadi ajang untuk mengevaluasi dan melihat sejauh mana seorang siswa memahami pelajaran yang telah diajarkan di sekolah. Di sisi lain, bagi kalangan masyarakat yang kontra terhadap UAN beranggapan bahwa di dalam pelaksanaan UAN terdapat berbagai macam kecurangan. Sehingga nilai-nilai yang dijadikan landasan kelulusan banyak yang bukan merupakan nilai murni dari siswa. Banyak kejadian-kejadian yang menguatkan opini masyarakat ini salah satunya yaitu, siswa yang sehari-harinya mendapat nilai yang rendah di sekolahnya pada saat pengumuman hasil UAN, ia menjadi siswa dengan nilai UAN tertiggi. Bahkan seringnya kita mendengar kabar bahwa siswa yang merupakan juara kelas atau siswa yang berprestasi di sekolah saat pengumuman hasil UAN, ia tidak lulus. Hal itu tentu saja sangat memperihatinkan.
Dari berbagai opini masyarakat dan fakta-fakta yang bisa kita lihat dalam pelaksanaan Ujian Akhir Nasional, tentu saja kita bisa mengambil kesimpulan, yaitu Ujian Akhir Nasional masih bisa dilaksanakan. Akan tetapi harus dengan pengawasan yang lebih ketat agar menghindari adanya kecuranga-kecurangan yang bisa saja terjadi saat pelaksaan ujian. Perlu diingat lagi bahwa tujuan utama dilaksanakannya UAN yaitu untuk melihat sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi yang telah diajarkan dan menjadi tolah ukur apakah siswa tersebut sudah bisa layak untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Sebagai bangsa yang sedang berkembang kita tentu saja harus menjaga kualitas para penerus bangsa. Jika sejak dari bangku sekolah mereka diajarkan untuk melakukan sesuatu dengan dilandasi kejujuran maka suatu saat ketika mereka menjadi pemimpin bangsa ini, mereka menjadi pemimpin yang amanah dan dapat memajukan bangsa. Sebaliknya, jika sejak bangku sekolah mereka telah berani berbuat sesuatu yang tidak jujur, kelak jika mereka menjadi pemimpin bangsa, mereka akan menjadi pemimpin yang menyengsarakan rakyat.

7 Manfaat Makanan Pedas

Makanan pedas mungkin menjadi kesukaan dari sebagian orang, tetapi ada juga orang yang tidak suka dengan makanan pedas. Orang yang tidak suka makanan pedas biasanya karena takut bila perutnya terasa sakit, ataupun telah mempunyai penyakit yang dokter anjurkan tidak boleh makan makanan pedas. Namun dibalik makanan pedas ternyata ada manfaat baik bagi tubuh kita.

1. Melancarkan pernapasan
Makanan pedas bertindak seperti espektoran dan membantu penderita asma, bronkitis kronik, sinusitis, dan penyakit pernapasan lainnya bernapas lebih baik.

2. Menjaga mood
Cabai merah meningkatkan level endorfin dan serotonin yang menghilangkan nyeri dan memberi perasaan nyaman. Hormon ini bisa berlaku seperti pelawan stres dan depresi.

3. Antikanker
Banyak penelitian menunjukkan konsumsi teratur makanan pedas akan mengurangi risiko kanker. Capsaicin memperlambat pertumbuhan sel kanker dan pada banyak kasus sel-sel kanker mati tanpa merusak sel sehat di sekitarnya. Temukan informasi unik lainnya hanya di : Klik > Kumpulan 7 Informasi Unik Dan Menarik

4. Memperbaiki fungsi pencernaan
Manfaat cabai dalam saluran cerna adalah meningkatkan sirkulasi darah di perut dan meningkatkan lapisan mukus. Capsaicin juga membantu membunuh bakteri H.pylori penyebab sakit maag.
Akan tetapi jika Anda mengalami heartburn (rasa panas) setelah makan pedas, cobalah tablet antiacid yang akan menetralisir asam di lambung.

5. Menghilangkan Gejala Flu
Capsaicin membantu meningkatkan pengeluaran keringat dan menghilangkan gejala flu yang mengganggu. Makanan pedas juga akan membantu membuka jalan napas, mengurangi sinusitis, dan gejala flu lainnya.

6. Menyehatkan jantung
Cabai menyehatkan jantung dengan cara mencegah pembekuan darah. Penelitian juga menunjukkan kadar kolesterol jahat/LDL bisa mencegah oksidasi yang bisa menyebabkan penyumbatan pembuluh darah.
Capsaicin juga efektif melawan inflamasi, yang telah diidentifikasi sebagai faktor risiko penyakit jantung.

7. Turunkan berat badan
Cabai mengandung capsaicin yang akan mempercepat metabolisme dan membantu tubuh membakar kalori lebih cepat. Hal ini terjadi karena capsaicin meningkatkan temperatur tubuh dan berperan dalam meningkatnya detak jantung.
Lebih jauh, studi menunjukkan orang yang hobi makan pedas biasanya makan dalam porsi sedikit sehingga berat badan lebih terjaga.

Zakat

Pernahkah anda mendengar kata ZAKAT ? Bagi umat muslim, zakat bukan lagi hal yang tabuh. Melainkan suatu kewajiban dan terdapat di dalam rukun islam yang keempat.

Zakat secara bahasa artinya suci atau bersih. Menurut istilah, zakat artinya sebagian harta yang wajib dikeluarkan oleh orang kaya kepada orang miskin sesuai dengan syarat-syarat yang ditentukan oleh hukum islam.

Zakat merupakan usaha penyucian diri dari kemungkinan tercampurnya harta si pemilik harta yang sangat mencintai hartanya secara berlebih-lebihan.

Ada beberapa macam zakat. Diantaranya, yaitu zakat fitrah, zakat mal, dan lain-lain.

Jika ingin mengetahui lebih banyak silahkan download di sini

10 Fobia Aneh dan Unik

Ghiboo.com – Rasa takut memang dianggap hal yang wajar. Namun, sebagian orang justru memiliki rasa takut yang berlebihan. Terkadang rasa takut itu tidak bisa diterima akal sehat orang lain, sehingga mengarah pada fobia. Berikut terdapat beberapa 10 fobia teraneh dan mungkin tidak pernah terlintas di benak Anda.

10. Geliophobia: ketakutan luar biasa terhadap gelak tawa atau berada di sekitar orang yang tertawa. Penderitanya memiliki kecemasan yang ekstrim saat menonton lelucon dan pada saat menemukan orang lain tertawa didekatnya.

9. Pantophobia: ketakutan akan segala hal. Penderita fobia ini dideskripsikan memiliki rasa takut yang semu dan terus-menerus akan sesuatu yang tidak diketahui dan jahat. Pada kondisi ekstrim, penderitanya bisa mencapai tahap kegilaan.

8. Hedonophobia: ketakutan akan perasaan senang. Penderita hedonophobia merasa bersalah bila merasa bahagia. Perasaan ini muncul karena mereka terlalu memikirkan perasaan orang lain disekitarnya masih kesusahan.

7. Levophobia: ketakutan pada benda-benda yang berada di sebelah kiri. Sebaliknya, takut akan sesuatu di sisi kanan disebut Dextrophobia.

6. Counterphobia: menyukai situasi yang menakutkan. Phobia ini agak berbeda dengan phobia lainnya. Penderitanya berusaha untuk menghindari objek yang menjadi sumber ketakutan mereka, sehingga mereka dengan sengaja mencari sesuatu yang dapat membuat mereka takut.

5. Alliumphobia: ketakutan terhadap bawang putih. Penderita biasanya mengalami reaksi eksentrik setiap kali mereka melihat atau mencium bau bawang putih. Banyak orang yang ‘memplesetkan’ penderita alliumphobia sebagai jelmaan vampir.

4. Phobophobia: ketakutan akan memiliki rasa takut itu sendiri atau terhadap fobia itu sendiri. Penyebabnya bisa disebabkan dari kombinasi peristiwa traumatik dan penyebab internal, seperti masalah genetika atau keturunan.

3. Cibophobia: ketakutan pada makanan itu sendiri. Penderitanya menghindari makanan dan menganggap beberapa makanan itu menjijikkan. Fobia ini sering dianggap sama dengan anorexia, padahal keduanya amat berbeda.

2. Arachibutyrophobia: ketakutan yang berlebihan pada selai kacang yang menempel di langit-langit mulut. Orang yang memiliki fobia ini akan sangat merasa terganggu atau malu untuk mengeluarkan selai yang terjebak di bagian atas mulutnya, terutama di tempat umum. Akibatnya, penderita fobia ini tidak akan makan selai kacang seumur hidup mereka.

1. Hippopotomonstrosesquippedaliophobia: ketakutan pada kata atau kalimat yang panjang. Penderitanya cenderung mudah marah atau ketakutan saat menemukan tulisan dengan kalimat yang panjang-panjang.

8 Pekerjaan Termudah di Dunia

Orang-orang dengan profesi di bawah ini pasti senang sekali saat hari Senin sudah tiba. Mereka memiliki pekerjaan paling menyenangkan di dunia.
Tukang Tidur Profesional
Qunar, sebuah situs perjalanan China, mempekerjakan tiga orang untuk menguji kenyamanan tidur, kekuatan sinyal wi-fi, kelembutan sandal, dan layanan kamar pada hotel-hotel ternama di seluruh negeri. Sementara itu, Travelodge mempekerjakan seorang ahli tempat tidur untuk tidur di semua kamar jaringan hotel nasional dan menguji kualitas dari setiap kasur. Pada tahun 2006, pria tersebut mendapatkan penghasilan besar. Diperkirakan secara umum dia mendapatkan 1.500 dolar Amerika (sekitar Rp 13,74 juta) per bulan.Pengicip Cokelat
Di Godiva, penguji cokelat sama terlatihnya seperti penguji kualitas anggur. Ia dituntut untuk menilai kilauan dan retakan cokelat dan mengendus aroma cokelat. Totalnya ia harus menikmati hingga 50 coklat per hari. Penguji cokelat dapat menghasilkan USD 24.000 (sekitar Rp 219,91 juta) hingga 70.000 dolar Amerika (sekitar Rp 641,40 juta), bergantung pada perusahaan. Mungkin terdengar mudah, namun ini merupakan pekerjaan yang sulit didapat. Para penguji Godiva belajar pada “sekolah coklat” untuk mendapatkan pekerjaan tersebut, dan beberapa perusahaan bahkan membutuhkan “penguji-super”, yaitu orang-orang yang lahir dengan kemampuan perasa luar biasa.

Pengumpul Binatang Lucu
Untuk sebagian dari kita, bermain dengan kucing biasanya dilakukan dalam waktu senggang. Namun jika kamu berprofesi sebagai editor situs Cute Overload atau agen casting di True Entertainment, perusahaan di balik acara “Too Cute” Animal Planet, kamu harus mencari cuplikan dan foto dari perilaku kucing dan anjing yang menggemaskan, untuk mendapatkan uang. Gaji rata-rata untuk staf pemula dalam situs tersebut dapat berkisar dari 10 dolar Amerika (sekitar Rp 91.629) per jam atau 40.000 dolar Amerika (sekitar Rp 366,51 juta) per tahun, bergantung pada lokasi, perusahaan, dan tanggung jawab.

Penjaga Rumah
Sangat mungkin untuk hidup seperti seorang milyuner dengan uang 10.000 dolar Amerika (sekitar Rp 91,62 juta) setahun. Sepasang suami istri menghabiskan musim dingin di Pyranees dan musim panas di Antibes, membersihkan dedaunan dari kolam renang mereka, berjalan-jalan dengan anjing, dan mencegah perampok menyatroni sebuah rumah. Penjaga rumah berpengalaman dapat membebankan biaya 200 dolar Amerika (sekitar Rp 1,83 juta) per pekan untuk menjaga rumah seorang milyuner. Untuk pemula, ada Luxuryhousesitting.com, sebuah situs yang menghubungkan para pengelana yang mencari pekerjaan menjaga rumah, dengan para pemilik rumah besar di Florida, Malta, Virgin Islands.

Penonton Televisi
Hanya diperlukan kemampuan mengetik cepat untuk jadi “penonton teve” yang bertugas mentranskrip dialog di teve bagi seorang tuna rungu sambil kamu menemaninya nonton. Ada pula pekerjaan sebagai asisten produksi untuk acara klip seperti “Talk Soup”, yang bertugas menonton berbagai channel di teve dan mencari segmen yang pas untuk diberikan kepada produser. Gajinya beberapa ratus dolar per pekan. Dalam Nielson, ada tim peneliti media yang harus terus menonton teve selama 8 jam per hari untuk menonton semua iklan di seluruh jaringan, dengan bayaran 10 dolar Amerika (sekitar Rp 91 ribu) per jam.

Tuan Serba Tahu
Ada sebuah program, partner situs Youtube, yang memproduksi dan menjual video-video “how-to”. Mereka menjawab satu hal yang ingin diketahui orang namun terlalu malu untuk ditanyakan. Pertanyaan seperti “bagaimana cara membuat pesawat-pesawatan dari kertas”, “bagaimana cara bersiul”, bagaimana cara menyeterika baju”, dan sebagainya, dalam video tutorial. Pembuat video tersebut dapat menghasilkan hingga 100.000 dolar Amerika (sekitar Rp 916,29 juta). “Aku senang dibayar untuk tidak melakukan apapun,” ujar seorang pria yang terkenal lewat video “cara memakai dasi”.

Kritikus Spa
Jika kamu seorang yang kritis, mengapa tidak menggunakannya untuk mendapatkan pijatan gratis? Susie Ellis, C.E.O dari Spafinder, mendapatkan ribuan dolar dalam kariernya selama 20 tahun. Dia berkeliling dunia sebagai seorang wartawan, menguji pijatan punggung dan ritual aromaterapi untuk direktori online spa miliknya. Penulis lepas dan editor untuk situs spa dan majalah dapat menikmati semua layanan pijat tersebut dengan santai dan mendapatkan sekitar 20.000 dolar Amerika (sekitar Rp 183,25 juta) dan 90.000 dolar Amerika (sekitar Rp 824,66 juta) per tahun.

Konsultan Resor
Seorang ibu rumah tangga sekaligus blogger pernah disewa dibayar oleh sebuah resor mewah untuk menghabiskan empat hari di resor mereka sebagai tamu V.I.P. dan meminta pendapatnya tentang bagaimana memperbaiki layanan yang dapat menyenangkan keluarga. Selain liburan gratis, dia mendapatkan 1.200 dolar Amerika (sekitar Rp 10,99 juta). Pekerjaan yang menyenangkan, namun sayang sekali sangat sulit didapatkan. (ik/ml)

Cerpen – UNTITTLE

wah, lama baru update lagi nih..mumpun lagi nggak ada kerjaan, aku mau posting tugas cerpenku yang belum pernah aku bacakan di kelas ;D (soalnya malu). lagi pula cerpen ini belum punya judul, mungkin lebih baik kalau judulnya UNTITTLE aja yah.
cerpen ini hanya fiksi belaka, jika ada kesamaan nama, tempat, waktu, kejadian, itu semua tanpa kesengajaan.
selamat membaca! CEKIDOOT …

UNTITTLE
           Namaku Sandra, aku  adalah seorang siswi salah satu SMA di kotaBandung. Kata teman-teman, aku itu seorang cewek yang super lebay, narsis, tapisering juga bikin jengkel. Selain itu, aku juga sering nyoba eksis di duniamaya lewat facebook, twitter, dan blog.
            Facebook, jaman sekarang siapa sihyang nggak kenal sama kata F-A-C-E-B-O-O-K ?? Bahkan nenek-nenek yang udahpunya cucu segudang pasti tau apa itu Facebook. Facebook itu bukan namapengusaha kaya, atau jenis obat terlarang. Tapi facebook itu sebuah jejaringsocial yang sangat terkenal. Di facebook ini, kita bisa nyari teman baru,ketemu sama teman-teman lama, bahkan kalau mau nyari pejuang kemerdekaan jugaada.
            Dari facebook inilah, awal dari dilemaku.Saat masih SMP, aku punya teman Namanya Nino. Bagi orang yang nggak terlalukenal sama Nino, dia itu dianggap sebagai seorang cowok yang cuek banget, sokcool, dan sombong. Tapi lain di mata orang-orang yang kenal dekat dengannya. Contohnyaaku. Bagiku, Nino itu orangnya lucu, baik, perhatian, lumayan oon sih, terussuka bikin jengkel. Tapi dari semua itu yang bikin aku jatuh hati sama dia.Untungnya, cinta aku itu nggak bertepuk sebelah tangan. Malahan, Nino pernahbilang kalau dia itu udah suka sama aku sejak kelas satu SMP. Tapi dulu nggakpernah aku respon. Waktu semester terakhir kelas 3, keadaan jadi berbalik. Akujatuh hati sama si Nino. Kami berdua tau kalau kami itu saling suka. Tapikarena waktu itu, kami nggak mau ganggu pelajaran dulu, jadi diputuskan untukpacaran setelah umur 17 tahun. Yaa, kami sih saling menjaga kepercayaan aja.Tanpa status pacaran pun, aku udah kayak orang pacaran ama Nino. bayangin aja,waktu ngurus keperluan masuk SMA, dia yang ngantar aku kemana-mana. Bahkan kitakayaknya punya ikatan batin. Setiap Nino sakit, aku pasti sakit juga.
            Satu hal yang bikin aku sedih.Sekarang, dia nggak satu sekolah lagi sama aku. Tapi tetap satu daerah kok.Pada saat awal-awal masuk sekolah, komunikasi kami lancaar banget. SMS-ansetiap hari, tiap malam telponan sampai subuh. tapi keadaan itu nggakberlangsung lama. Lama kelamaan, aku ama Nino udah sibuk sama urusanmasing-masing. Komunikasi pun lambat laun terputus. sadar akan hal itu, akunggak tinggal diam. aku selalu nyoba menghubungi Nino, tapi sayang sekalijarang direspon. Jadi aku pasrah aja nunggu kabar dari Nino.
            Berbulan-bulan aku nunggu kabar daripujaan hatiku itu, tapi nggak kunjung datang. Setiap malam, aku selalu mutarlagu Bang Toyyib, karena kayaknya pas banget gitu sama kisah ku. Walaupunbegitu, rasa cinta ku ke Nino nggak pernah berubah. Sampai pada suatu malam dibulan ramadhan, waktu itu aku lagi kedatangan tamu bulanan, jadi nggak pergishalat tarawih. So, aku putusin buat online di rumah aja. Tujuan aku onlinesaat itu, tidak lain dan tidak bukan adalah untuk nyari nenek moyang aku yangnggak pernah aku liat sejak lahir. Lagi asyik nyari, tiba-tiba ada salah satuteman facebook aku yang ngajak buat chatting. Nama akunnya facebooknya Tristan Triyugo. Nggak tau yah, itu namaasli atau bukan. Karena sekarang tuh, banyak yang nama akun facebooknya nggakasli. Ada yang pake nama sandal jepit, kertas kosong, kipas angin, tusuk es,baterai rusak, dan sebagainya. Bahkan ada juga tuh yang namanya lebih panjangdari gerbong kereta api. Heran deh, jaman emang udah edan. Kasian banget yahorang tua mereka.
            “hay” kata Tristan memulai obrolan. AkuCuma nge-bales pake emotion smile doang. Pasti dia ini anak ketiga deh.
            “anak mana” lanjut Tristan.
            “anak Indonesia” jawab aku sok cuek.
            “hahaha..kamu lucu juga yah”
            “haa? Lucu dari mana coba? Akuenggak ngelawak kok” hati aku bicara. Mungkin karena chatnya nggak akubales-bales, Tristan memulai obrolan lagi.
            “kamu pacarnya Nino yah?”
            “whaat? Bukan. Cuma temen lama” akukaget setengah mati ada yang nanya gitu ke aku.
            “jujur aja deh, Nino sering ceritaloh ke aku”
            “masa sih? kamu temen sekelasnyaNino yah?” Perasaan aku saat itu kayak gado-gado gitu. Ya iyalah, ternyata Ninoyang selama ini nggak pernah ngasi kabar ternyata sering curhat ke temennyasoal aku. Rasanya tuh kayak nge belah atmosfer, terbang bersama paus akrobatismenuju rasi bintang paaaliing manis.
            “iyalah..dia itu sering bangetcerita tentang kamu” balas Tristan. Obrolan pun berlanjut membahas tentangNino. Kata Tristan, di kelas itu Nino orangnya hiperaktif, cerewet, danlain-lain deh.
            “kamu asyik juga yah” kata Tristan
            “oh ya? Maaf..aku nggak punya uangreceh nih” kata aku nge-ledek.
            “hahaha…oh iya, soal yang tadi akutuh cuman bercanda”
            “yang mana” aku mulai kaget
            “yang bilang Nino sering cerita tentanglo ke aku. Dia nggak pernah cerita gitu kok. Aku taunya dari temen SMP nyadoang” balas Tristan sok lugu. Sumpah waktu itu rasanya tuh kayak jatuh daripesawat terbang ke dalam kotoran sapi, trus dimakan sama singa paling ganas,keluar jadi fases yang paling bau. Karena sangat terpukul, aku mutusin buatoffline dan go to sleep.
            Beberapa hari setelah kejadianmengenaskan itu, aku jadi trauma buat online. Gimana kalau tiba-tiba ada tukangsapu sekolahnya Nino yang ngajak aku chat lagi. Trus dia bilang. “kamu pacarNino yah? Hahaha..aku cuman bercanda kok, sekarang itu Nino lagi ngejalinhubungan special sama ibu kantin di sekolah” mungkin saat itu aku langsungmutusin buat tutup akun facebook, trus ngejual laptop dan rumahku. Tapi karenaudah kecanduan facebook, ya aku ngeberaniin diri aja berhubung waktu itu kanlagi puasa nih, jadi cara satu-satunya buat lupain lapar yah tentu aja online.Nggak lama waktu aku lagi asyik liat-liatin profilnya Nino, ada lagi nih yangngajak aku chat. Nama akun facebooknya BambangBieber Sang Pembunuh. Gilee…mungkin yang ngajak aku chat ini narapidanakali yah. Karena takut dibunuh, akhirnya aku bales. Ya tentu aja pake emotionsmile doang. Setelah aku buka profilnya, ternyata aku baru ingat, kita itupernah satu les. Jadi, aku welcome gitu ke dia. Ternyata si Bambang ini satukelas juga sama Nino. tapi dia nggak pernah bahas Nino tuh. Dia cumannanya-nanya soal kehidupan ku. Aku serasa jadi selebriti. Karena capekditanya-tanya terus aku bilang gini sama Bambang
            “dulu itu, kita pernah satu les loh”
            “masa sih? Serius ? ah, yang bener ?tapi kok aku kayak nggak pernah liat kamu sih?”
            Aku merenung sejenak. Aku barukeinget, kalau dulu waktu pergi les aku sering banget pake topeng monyet.Pantesan aja si Bambang nggak kenal sama aku.        Bambangpun melanjutkan obrolan yang tertunda. Kali ini, dia  minta nomor hp aku. Tadinya sih hampir akukasi nomor hp neneknya tetangga aku, tapi karena ngerasa Bambang itu orangbaik-baik dan tentu aja nggak pernah B.A.B di masjid, jadi aku kasi deh dengansyarat nggak boleh disebarin.
SetelahBambang dapat nomor hp aku, dia jadi rajin banget kirim SMS ke aku. Bahkan,waktu itu aku nggak balas SMSnya karena aku nggak punya pulsa dia ngiriminpulsa ke nomor aku. Senang banget sih dapat pulsa gratis. Tapi nanti akudikiranya cewek apaan aku juga nggak mau ngasi harapan yang lebih ke dia.Feeling aku itu nggak salah. Bambang emang lagi berusaha ngedeketin aku. Danmakcomblangnya itu adalah Tristan. Bambang dan Tristan udah sahabatan sejakSMP. Bambang juga udah nyatain perasaannya ke aku dan ngajak aku pacaran. OMG !aku pusing banget..bukan karena nggak tau mau jawab apa. Tapi karena nggak taucara jawabnya gimana. So pasti aku tolak dong, secara aku itu nggak punyaperasaan apa-apa ke Bambang aku cuman anggap dia temen doang nggak lebih. Danyang paling penting, aku punya janji sama Nino. aku juga baru inget, Bambangkan temen sekelasnya Nino. jadi nggak mungkin aku nerima Bambang. Waktukejadian itu, aku jadi keinget sama Fachri, temen SMP aku, tapi nggak sekelaskok. Beberapa minggu yang lalu dia juga nembak aku, itu sih udah yang kesekiankalinya dia nyatain perasaannya. Tapi jawaban aku tetep sama. Nggak bisa.Kenapa? Karena aku emang nganggap dia Cuma temen doang, trus parahnya lagisekarang itu dia juga sekelas sama Nino ya udah pastilah aku tolak.
Bulanramadhan pun berlalu, kabar dari Nino nggak datang-datang juga. Aku tetap sabaraja. Orang sabar kan disayang sama Allah J . udahbeberapa hari ini aku nggak pernah online, kangen juga sih sama facebook danteman-teman facebook aku yang bermacam-macam spesies. Akhirnya aku pun online.Sore itu aku bosen banget nggak ada yang narik perhatian aku di facebook. Yangada Cuma status-status nggak jelas. Ada yang lagi kasmaran, putus cinta,dimarahin mertuanya, lagi makan sama kucingnya, dan ada juga yang lagi maubunuh diri tapi sempet-sempetnya update status.
“hai,udah lama nih nggak ada kabar” tiba-tiba Tristan ngajak aku buat chat
“hehehe,lama? Nggak juga tuh.”
“ohh.Iya, visit yah blog aku.” Balas Tristan sambil memberikan alamat blognya.
karenapenasaran, aku pun ngebuka blog itu. Dan wow, aku tertarik banget sama blognyaTristan. Simple, tapi isinya keren-keren. Aku pun berminat buat belajarnge-blog sama dia. Sebenarnya sih, aku udah punya blog tapi jarang diurusin.Berantakan banget kayak gudang.
“akujuga punya blog loh” kata aku nggak mau kalah. Aku pun ngirimin alamat blog akuke Tristan. Nggak lama kemudian si Tristan pun ngebales chat aku.
“kamublogger juga yah? Tapi blog kamu berantakan banget” kata Tristan ngeledek aku
“kamutau nggak kenapa aku ngasi alamat blog aku ke kamu? udah nggak usah dijawab. kamupasti nggak tau jawabannya apa. Aku ngasi alamat blog aku tuh, supaya kamungebantu aku buat ngerapiin blog aku lagi. Aku itu hampir putus asa gara-garablog itu. Aku udah nyari bantuan dimana-mana mulai dari PBB, Obama, bahkan mbahMarijan nggak bisa ngebantuin aku. So, intinya lo mau nggak jadi guru aku?”balas aku sambil ngetik pake kaki
“boleh..taapiii…”Tristan nyoba buat aku penasaran
“tapi..wanipiro!” lanjut Tristan
“wah..jangan-janganlu anaknya gayus yah? Aku laporin ke KPK baru tau rasa lu”
“yaudah..ampun deh..gini aja. Aku minta nomor hp kamu, nanti aku hubungi waktu dantempat supaya kamu bisa belajar ngeblog. Oke”
“okedeh” aku pun ngirimin nomor hp aku ke Tristan. Aku pun offline dan sepertibiasa, go to sleep.
Beberapahari kemudian, aku dapet SMS dari Tristan.
“heiSan..apa kabar? Oh ya, gimana soal rencana belajar ngeblog..jadi nggak nih?”kata Tristan dalam SMS itu.
“baik.Jadi dong..kamu bisanya kapan?”
“nantisore gimana?”
            Sebenarnya sih waktu itu, aku lagimales keluar rumah. Soalnya lagi perawatan..gimana kalau misalnya kulit akuterbakar? Siapa yang bakal telpon pemadam kebakaran? Tapi karena antusias akubelajar ngeblog terlalu besar, yaa aku mau aja.
            “dimana ?” balas aku singkat
            “di café samping kebun binatang ituloh..yang ada akses wifi nya. Tapi jangan bawa temen yah..soalnya aku pemalu”
            Aku sempet bertanya-tanya sama diri akusendiri. Kenapa si Tristan pilih café dekat kebun binatang? Trus kenapa dialarang aku ngajak temen? Apa jangan-jangan dia mau nyulik aku, trus ngejual akuke gorilla yang ada di kebun binatang, dengan alasan aku itu anak si gorillayang waktu lahir ketuker sama anak manusia?
            “nggak boleh zuusan sama guru” kata akudalam hati. Aku pun setuju dan pada waktu yang ditentukan menuju ke TKP.
            Waktu sampai di situ, Tristan belumdatang. Jadi aku nunggu dia sambil online. Nggak lama kemudian, dia pun datang.Aku baru nyadar kalau dia itu ternyata lumayan juga. Tristan pun mulai ngajar aku.Setelah itu, kita berdua ngobrol-ngobrol. Aku nyaman banget sama dia. Dan akungerasa nyambung banget. Setelah pertemuan itu, aku mulai sering jalan barengsama dia. Sampai akhirnya, aku ngerasain apa yang aku rasain ke Nino. Aku mulaikhawatir, karena kayaknya tuh aku jatuh cinta sama Tristan. aku takutngelanggar janji aku sama Nino. tapi aku juga nggak bisa bohong yah..Tristantuh udah berhasil masuk ke dalam hati aku. Nggak tau yah caranya gimana yangpasti, dia mulai ngegantiin posisi Nino secara perlahan-lahan.
            Pada suatu malam, waktu itu akunyampe di rumah habis hang-out bareng sama Tristan. tiba-tiba Tristan ngirimin akuSMS. Dia ngungkapin perasaannya ke aku, ya ampuun seneng banget. Sakingsenengnya aku sampai ngelempar-lempar tempat tidur aku. Tristan pun nembak aku.Tapi tiba-tiba, aku nggak tau mau jawab apa. Sumpaaahh..dilema banget. Di satusisi, aku suka banget sama Tristan. tapi di sisi lain, aku ingat janji aku keNino. Trus kan, si Tristan sama si Nino satu kelas. Dia juga satu kelas samaFachri. Bahkan, dia itu sahabatnya Bambang yang pernah aku tolak. Gimana cobakalau nanti, Bambang, Fachri, Nino musuhin Tristan gara-gara aku. Sebenarnyasih, aku masih cinta sama Nino, tapi karena mengingat perlakuan Nino yang udahcuekin aku selama berbulan-bulan lamanya tanpa alasan yang jelas. Dan intinya, aku harus jawab apa ???
*bersambung